Playstation 4 adalah konsol gaming dengan spesifikasi terkuat di pasaran saat ini, pernyataan ini memang santer terdengar selama beberapa bulan terakhir ini. Dengan semakin banyak game multiplatform yang dirilis ke pasaran, Playstation 4 membuktikan diri dengan mampu menawarkan game dengan kualitas visual yang lebih optimal, dan tentu saja – nyaman. Pujian ini juga meluncur dari para developer, terutama karena keputusan Sony untuk menyuntikkan varian dan jumlah RAM yang membuka ruang pengembangan lebih besar. Xbox One sebagai kompetitor utama tentu tidak tinggal diam. Perbedaan performa keduanya bahkan diklaim, semakin mendekat.
Informasi inilah yang disampaikan oleh developer Oddworld – Lorne Lanning yang secara terbuka menyatakan bahwa kedua konsol tersebut kini mulai bisa dibandingkan satu sama lain. Ia mengaku bahwa beda performa memang cukup terasa kentara di masa lalu, namun dengan seiring waktu dan pengalaman yang ada, mulai tidak memperlihatkan beda yang signifikan.

Developer Oddworld mengklaim bahwa beda performa Xbox One dan Playstation saat ini tidak lagi terasa signifikan. Para developer yang mulai familiar dengan arstitektur Xbox One mulai bisa mengeluarkan performa yang optimal.
Para developer diklaim kini sudah mulai bisa membiasakan diri pada aristektur Xbox One itu sendiri, dan mulai menemukan cara untuk memanfaatkan sistem tersebut secara optimal. Jarak memang masih tetap ada, tetapi tidak lagi signifikan.
Jika optimalisasi terhadap Xbox One memang sudah mencapai tahap yang cukup matang seperti yang diklaim oleh Lanning, apakah ini berarti kita akan melihat lebih banyak game Xbox One berjalan di framerate dan resolusi lebih tinggi di masa depan? Kita tunggu saja.